Hal Ini Lho Yang Bikin Anak Mudah Sakit

Masa anak – anak memang sangat aktif. Sebab anak – anak sangat menyukai dunia eksplorasi dan keinginan tau akan banyak hal. Namun dengan sifatnya yang super aktif inilah yang membuat anak – anak mudah terserang penyakit lho! 

 

Usia anak – anak sangat menyenangkan mulai dari jalin pertemanan baru, meniru gaya orang dewasa, bahkan keinginan tau untuk melakukan sesuatu yang tinggi. Memang di usia tersebut anak – anak masuk ke dalam kategori golden age. Di mana pada masa ini pertumbuhan dan perkembangan anak masuk pada tahap awal. 

Dengan masa yang aktif ada yang perlu diperhatikan oleh kita sebagai orang tua. Yakni sistem perkembangan imun anak. Karena usia anak – anak di bawah lima tahun, di mana sistem kekebalan tubuh belum terbentuk sempurna. Sehingga sangat wajar ya apabila di usia tersebut, anak mengalami sakit karena terserang berbagai macam penyakit. Mulai batuk, flu, hingga demam. 

Tentu kita sebagai orang tua sangat panik dan bahkan ini menyalahi diri sendiri apabila anak – anak sedang sakit. Tenang! Jangan terlalu panik, kondisi sakit memang sangat wajar ya dihadapi anak – anak. Hal yang perlu kita sadari adalah mengetahui mengapa anak mudah terserang penyakit. Agar ini menjadi patokan dan kita sebagai orang tua dapat menanganinya dengan tepat. 

Penyebab Anak – Anak Mudah Sakit

Anak-anak

(Anak-anak, Sumber : Freepik)

Faktor penyebab anak – anak mudah sakit bisa berasal dari lingkungan, alergi, makanan, dan lain – lain. Agar tidak panik kenali yuk, beberapa penyebab yang membuat anak – anak mudah sakit : 

  • Lingkungan Yang Kurang Bersih

Anak – anak sangat sensitif lho mom terhadap lingkungan yang kurang bersih. Sebab sistem imun anak – anak belum terbentuk dengan sempurna. Sehingga  rentan terhadap udara atau lingkungan yang kotor. Penyebarannya awalnya bisa dari gatal – gatal pada kulit atau batuk dan flu akibat alergi debu. 

Jika sudah begini alangkah yang tepat adalah membersihkan lingkungan seperti menyapu, mengepel atau mengelap meja dan lemari. Ajak anak – anak untuk membersihkan bersama, hal ini sekaligus mengajari anak – anak untuk menjaga kebersihan pada lingkungan. 

  • Kurang Tidur 

Usia anak – anak memang lebih senang menghabiskan waktu untuk bermain. Baik bermain bersama teman maupun bermain sendiri. Tak jarang banyak mengorbankan waktu tidur baik di siang hari maupun malam hari. Padahal tidur sangat penting di usia anak – anak. Selain mengistirahatkan badan tidur juga memiliki manfaat untuk membantu perkembangan pada tubuh anak – anak. Agar memiliki tidur kualitas tinggi, kita sebagai orang tua wajib mengajarkan anak memiliki jadwal sendiri dan mengajarkan anak untuk mematuhi tanggung jawab. 

  • Tidak Mengkonsumsi Nutrisi 

Fase milih – milih makanan memang terjadi di masa kanak – kanak ya moms. Kalau sudah begini yang pusing tidak hanya anak – anak saja namun orang tua juga ikutan pusing. Anak – anak lebih memilih jajanan dibandingkan makanan utama. Sehingga asupan seperti karbohidrat, protein, vitamin maupun mineral juga tidak didapatkan secara maksimal. Alhasil anak jadi lebih mudah sakit nih. 

Agar imun selalu kuat dan terjaga, bagi anak – anak yang sudah menginjak usia dua tahun ke atas bisa konsumsi madu Zymuno. Madu satu ini dapat menjaga dan memelihara daya tahan tubuh. Sehingga tubuh anak – anak selalu sehat dan kuat. Pastikan rutin konsumsi sehabis makan ya moms. 

  • Anak Mengalami Stres

Stres bisa terjadi mulai dari usia anak – anak sampai dengan usia tua. Stres merupakan penyakit yang tidak kelihatan secara bentuk namun sangat berbahaya. Sebagai orang tua kita perlu lho mengawasi dan menjadi teman bagi anak – anak. Sebab anak – anak belum mampu dalam mengontrol diri sendiri dan mengelola perasaan sehingga orang tua wajib membantunya. 

 

Tidak ada salahnya lho moms dan dads untuk sama – sama belajar mengetahui isi hati anak sendiri. Karena tidak hanya orang dewasa saja yang ingin didengar tetapi anak – anak juga ingin didengar pendapatnya. Jangan menganggap anak kita sebagai anak kecil yang tidak tau apa – apa. Ajak untuk mengobrol secara terbuka dengan anak.

Beri mereka hak untuk berdiskusi agar dapat mengetahui solusi yang akan dijalankan. Dengan cara ini, anak menjadi lebih terbuka kepada orang tua sehingga dapat mengeluarkan isi kepala yang dibenaknya. Tentu cara ini dapat memberikan kelegaan masing – masing. Sekarang mom dan dad sudah tau kan penyebab usia anak – anak mudah terserang berbagai macam penyakit.

Sudah sepatutnya sebagai orang tua kita bekerja sama dalam menjaga kesehatan anak, tidak hanya peran ibu saja namun peran ayah juga dibutuhkan lho saat kondisi seperti ini. Yuk mulai dari sekarang untuk menyadari hal – hal kecil pada anak. Apakah kalian sudah bekerja sama dari sekarang? Komen di bawah ya! (FAS)

Belanja Zymuno di Marketplace Kesayangan Anda

Dapatkan manfaat kombinasi 4 bahan herbal pilihan terbaik yang terdapat pada Zymuno di merketplce pilihan anda Anda dan apotek terdekat

Zymuno merupakan madu dengan kombinasi dari 4 bahan herbal pilihan terbaik yang diformulasikan untuk memelihara daya tahan tubuh tetap prima.

Informasi

Telah terdaftar dan tersertifikasi
BPOM dan Halal Indonesia

© 2023 Hak cipta oleh CV Family Herbal. Dilindungi oleh undang-undang.