5 Tanda Daya Tahan Tubuh Kamu Rendah

Sistem daya tahan tubuh seseorang tidak selalu tetap dan berubah. Karena daya tahan tubuh dapat dipengaruhi melalui lingkungan, virus maupun bakteri. Penyebab tersebut dapat mempengaruhi sistem imun mu menjadi lemah.

 

imun kuat

(imun kuat, sumber : freepik)

Imun yang kuat dapat menjaga tubuh kita menjadi lebih sehat dan menjaga dari berbagai macam penyakit. Sebab kekuatan imun tubuh dapat terbentuk melalui sel darah putih, sel antibodi, dan beberapa komponen lainnya yang menjaga pertahanan imun.

Namun tak selamanya manusia memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Sehingga sangat penting bagi kita untuk menngetahui dan sadar akan ciri – ciri daya tahan tubuh kamu melemah. Hal ini dapat diatasi agar kondisi tubuh dapat kembali sehat dan bugar.

Tanda Daya Tahan Tubuh Kamu Rendah
Saat sistem tubuh kamu melemah dan memerlukan bantuan, tubuh kamu mengirim sinyal atau tanda untuk menginformasikan bahwa kamu sedang dalam keadaan tidak baik. Ada beberapa tanda yang kamu harus ketahui untuk mengatasi kondisi tubuhmu lebih lanjut :
1. Sering Merasa Lelah
Perasaan Lelah memang sangat wajar dan selalu terjadi oleh semua manusia di dunia. Namun kamu juga harus perhatikan jika rasa lelah yang dirasakan tidak wajar. Seperti mengalaminya setiap hari padahal kamu sudah menjaga makanan serta tidur yang cukup. Jika perasaan lelahmu diiringi tanda seperti nyeri sendi, pengurangan nafsu makan, dan sakit yang tak kunjung sembuh. Segera periksakan kondisi tubuh ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.
2. Sering Kembung
Pencernaan yang bermasalah secara terus menerus dapat menjadi tanda bahwa sistem daya tahan tubuh kamu sedang melemah. Sebab hampir sekitar 70 persen jaringan mengenai sistem kekebalan terletak pada sistem pencernaan. Tentu penyebab perut kembung adalah proses makanan yang tidak lancar sehingga mempengaruhi pada sistem pencernaan. Maka wajib bagi kita untuk lebih memperhatikan dan sadar mengenai makanan – makanan yang memiliki dampak kurang baik bagi pencernaan.
3. Sering Infeksi
Infeksi merupakan tanda yang bisa kamu perhatikan apabila kamu ingin mengecek apakah tubuhmu memiliki sistem daya tahan tubuh yang lemah atau tidak. Infeksi yang bisa kamu lihat secara fisik iala timbul sariawan atau jamur pada permukaan. Sedangkan pada sistem pernapasan munculnya infeksi sinus. Jika dirasa ini sangat menganggu aktivitasmu, segera berobat agar infeksi ini dapat sembuh dengan cepat.
4. Kulit Mengalami Gatal dan Kemerahan
Sama seperti infeksi, kulit gatal dan kemerahan juga bisa menjadi tanda bahwa sistem imunmu rendah. Biasanya saat seseorang mengalami gejala ini umumnya proses penyembuhan akan lebih lambat. Dan terasa perih pada sebagian orang. Beri sedikit obat oles atau obat minum sesuai petunjuk dokter agar meredakan kulit gatal dan kemerahan.
5. Susah Menelan
Tenggorokan yang mengalami pembengkakan dan tidak berfungsi secara baik seperti biasa sehingga seseorang merasakan kesusahan dalam menelan suatu makanan dan minuman perlu dicurigai. Sebab ini juga bisa menjadi tanda bahwa daya tahan tubuh kamu sedang melemah. Penyebab dari tenggorokanmu bengkak bisa dipengaruhi akibat alergi obat, makanan, atau peradangan pada sistem saluran cerna. Jika peradangan sudah mulai parah bisa menyebabkan reaksi muntah saat makanan dan minuman dimasukkan.

Kamu tidak perlu khawatir dan ketakutan untuk menjaga daya tahan tubuh. Karena dengan penjagaan yang tepat dapat meningkatkan imunitas tubuh, serta dapat menjalankan ativitas sehari – hari.

makanan sehat

(makanan sehat, sumber : freepik)

Cara Meningkatkan Imun Tubuh
Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan demi menjaga agar badan selalu sehat dan tidak mudah terserang penyakit. Penerapan di bawah ini bisa menjadi benteng bagi tubuhmu. Berikut cara yang bisa kamu ikuti :
1. Menjaga Makanan Bergizi dan Bersih
Menerapkan makanan dengan gizi seimbang menjadi bekal agar tubuhmu selalu sehat sepanjang hari. Perhatikan seperti karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral harus seimbang agar tidak berlebihan dan merata diserap oleh tubuh. Hindari makan junk food atau makanan yang mengandung banyak lemak dan pedas.

Selain memperhatikan makanan, kamu juga harus menjaga kebersihan agar makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh kamu bersih dan sehat. Sehingga mengurangi bakteri – bakteri jahat yang masuk dan menyebabkan penyakit di dalam tubuh.
2. Istirahat Yang Cukup
Saat badan dalam kondisi yang tidak baik dan kurang sehat, istirahat yang cukup wajib dilakukan. Tidur yang cukup dan berkualitas dapat menghasilkan sitokin yang berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Maka banyak peringatan dan informasi untuk mengurangi bahkan melarang tidur terlalu malam atau begadang. Sebab waktu tidur kamu akan menjadi berkurang. Umumnya individu memiliki waktu tidur sebanyak 7 – 8 jam bahkan ada yang mengatakan waktu ideal tidur sampai dengan 9 jam.
3. Mengendalikan Stres
Stres menjadi penyebab utama lho seseorang mudah terserang penyakit. Sebab saat stres pikiran mengirim sinyal ke tubuh sehingga sistem daya tahan tubuh kamu menjadi lemah. Maka penting bagi kita untuk mengatur pikiran kita dan mengendalikan ke hal – hal yang positif. Seperti menjalankan aktivitas yang di sukai seperti memasak, membaca buku, menonton film, olahraga, kumpul dengan orang tersayang. perawatan diri, dan lainnya.
4. Berjemur
Berjemur sangat baik lho buat tubuh karena menghasilkan Vitamin D secara alami. Vitamin ini sangat baik untuk kesehatan tulang dan sendi. Nah bagi kamu yang gampang pegal dan sakit, mungkin kamu harus berjemur mulai dari sekarang. Berjemur tidak harus berlama – lama yah. Cukup 10 – 15 menit dan menggunakan sunscreen atau tabir surya untuk melindungi kulit agar tidak langsung terserang sinar matahari.
5. Zymuno
Selain aktivitas di atas, kita juga harus menambahkan multivitamin tambahan untuk meningkatkan stamina mu. Zymuno adalah madu pertama yang membantu dalam membantu memelihara daya tahan tubuh kamu. Diproduksi dari madu hutan alami dan bahan herbal lainnya seperti temulawak, daun kelor, dan daun meniran hijau mampu menjaga dan membantu proses penyembuhan .

Bersertifikat halal dan bpom sehingga aman untuk anak – anak mulai usia 2 tahun dan tanpa memiliki batasan umur. Minim efek samping dan ketergantungan sehingga aman jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang. Untuk informasi mengenai produk dan pembelian kamu bisa ikuti sosial media resmi Zymuno di instagram @zymuno.id. Selamat mencoba! [FAS]

Belanja Zymuno di Marketplace Kesayangan Anda

Dapatkan manfaat kombinasi 4 bahan herbal pilihan terbaik yang terdapat pada Zymuno di merketplce pilihan anda Anda dan apotek terdekat

Zymuno merupakan madu dengan kombinasi dari 4 bahan herbal pilihan terbaik yang diformulasikan untuk memelihara daya tahan tubuh tetap prima.

Informasi

Telah terdaftar dan tersertifikasi
BPOM dan Halal Indonesia

© 2023 Hak cipta oleh CV Family Herbal. Dilindungi oleh undang-undang.