Berkah Buah dan Sayur: 7 Makanan Imun Booster yang Harus Dikonsumsi

Pernahkah kamu merasakan sakit secara tiba – tiba, padahal tidak memiliki tanda – tanda sebelumnya. Hati – hati bisa jadi makanan dan minuman yang kamu konsumsi tidak memiliki gizi yang cukup sehingga kamu kekurangan vitamin dan mineral. 

Daya tahan tubuh seseorang mengalami naik dan turun sesuai dengan sistem imun yang dimilikinya. Sebab sistem imun menjadi garda terdepan apabila tubuh diserang oleh berbagai virus maupun bakteri yang menyerang ke dalam tubuh. Dengan sistem tubuh yang kurang baik inilah kita perlu menjaga dan memperhatikan makanan dan minuman yang akan kita konsumsi.

Seperti menyantap makanan dan minuman yang memiliki gizi seimbang dan memiliki vitamin dan mineral yang alami. Makanan dan minuman tersebut ialah sayur dan buah. Coba siapa yang tidak suka sayur dan buah?. Padahal sayur dan buah sangat penting khususnya bagi kesehatan tubuh. Sebab sayur dan buah memiliki antioksidan sangat tinggi yang mana jika kita konsumsi secara rutin dapat mempertahankan daya tahan tubuh. 

Mungkin bagi kita mengkonsumsi suplemen yang berbahan kimia sudah merasa cukup bagi tubuh. Jika dilihat hasilnya memang bahan kimia akan lebih kelihatan dibandingkan yang alami. Namun untuk jangka panjang tentu memiliki efek sendiri bagi tubuh.

7 Makanan Imun Booster

Makanan Imun Booster

(Makanan Imun Booster, Sumber : Freepik)

Berikut adalah beberapa jenis sayur dan buah yang bisa dikonsumsi dan bisa masuk ke dalam menu sehari – hari : 

1. Jeruk 

Buah yang satu ini sudah bukan rahasia umum lagi dikalangan buah yang banyak mengandung vitamin. Terdapat vitamin C tinggi yang mampu memperkuat sistem imunmu sehingga dapat menangkal berbagai macam virus dan bakteri. Maka tak heran, jika kamu terserang batuk, sariawan, atau tenggorokan yang sakit banyak orang merekomendasikan buah jeruk sebagai obatnya. Rasanya pun beragam ada yang manis banget sampai dengan kecut banget bahkan ada yang sepat. Sebelum membeli ada baiknya kamu bisa bertanya pada pedagang atau sedikit mencoba untuk melihat rasanya. 

2. Pepaya 

Buah satu ini terkenal kegunaannya akan mempelancar sistem pencernaan. Rasa pada buah ini manis dan bertekstur lebih lembut apabila sudah matang. Namun tak banyak orang yang kurang menyukai rasa pada buah ini. Mengandung berbagai macam vitamin seperti vitamin C, A, dan E membuat buah ini memiliki fungsi yang baik untuk menjaga kekebalan tubuh secara menyeluruh. 

3. Wortel 

Banyak orang mengatakan bahwa mengkonsumsi wortel dapat menyehatkan mata sebab wortel memiliki vitamin A yang tinggi. Namun jauh dari itu, wortel juga mengandung vitamin B, vitamin C, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, dan sodium. Maka tidak hanya menyehatkan mata saja akan tetapi manfaat dari wortel dapat melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit seeperti jantung, kolestrol, dan kanker. 

4. Jamur Kancing 

Jamur satu ini memiliki kandungan mineral, selenium, vitamin B, riboflavin, serta niasin yang bisa memperkuat sistem imun tubuh. Jika kamu merasa kurang sehat kamu bisa coba untuk mengkonsumsi jamur kancing ini. Selain memperkuat imun, jamur kancing juga membantu dalam proses penyembuhan. Jamur ini bisa diolah dengan cara memasaknya dengan sop, tumis, atau olahan lainnya. 

5. Kembang Kol 

Memiliki bentuk yang hampir mirip dengan brokoli sehingga sering dianggap anak kembar. Untuk membedakan biasanya terlihat pada warna, jika brokoli memiliki warna hijau sedangkan kembang kol berwarna sedikit putih. Sayuran ini memiliki antioksidan dan fitonutrien yang baik yang dapat melindungi diri dari penyakit kanker. Serta dapat membantu dalam menghancurkan berbagai virus di dalam tubuh. 

6. Kale 

Sayuran hijau satu ini memang sedikit susah untuk ditemukan apabila kamu mencarinya di pasar tradisional. Meskipun begitu, sayuran ini memiliki vitamin A, K, C, B6, mineral, hingga antioksidan. Penyajiannya bisa dimasak atau dikombinasikan dengan jus dan dicampur dengan buah lainnya. Sayuran ini dinilai lebih tinggi jika dibandingkan dengan sayur bayam. 

7. Tauge

Pasti kamu sudah tidak asing yah dengan jenis sayuran satu ini dan bahkan sering melihat diberbagai masakan makanan. Mulai dari bakso, mie ayam, tumisan sayur maupun makanan lainnya. Bertekstur renyah sehingga banyak yang menyukai. Selain menjaga imunitas sayuran ini juga dikenal sebagai mempertinggi kesuburan bagi pasangan suami dan istri. Mengandung vitamin C, protein, folat, serat, dan antioksidan dapat menjaga daya tahan tubuh serta melindungi dari infeksi. 

Itu dia beberapa sayur dan buah yang baik untuk meningkatkan imun boostermu. Dari 7 sayur dan buah di atas, mana yang sudah kamu konsumsi hari ini? Selain sayuran dan buah di atas untuk memenuhi nutrisi imunmu kamu bisa lengkapi dengan Zymuno. Zymuno adalah madu imun yang terbuat dari 100% bahan herbal alami.

Dengan konsumsi madu hutan, temulawak, daun kelor, dan meniran hijau dapat membantu dalam memelihara daya tahan tubuhmu. Tidak menimbulkan efek samping dan ketergantungan membuat madu Zymuno menjadi madu pilihan keluarga masa kini. Yuk, jaga tubuhmu agar selalu kuat dengan Zymuno!. Informasi produk mengenai pembelian silahkan kunjungi sosial media instagram resmi dari zymuno ya di @zymuno.id (FAS)

Belanja Zymuno di Marketplace Kesayangan Anda

Dapatkan manfaat kombinasi 4 bahan herbal pilihan terbaik yang terdapat pada Zymuno di merketplce pilihan anda Anda dan apotek terdekat

Zymuno merupakan madu dengan kombinasi dari 4 bahan herbal pilihan terbaik yang diformulasikan untuk memelihara daya tahan tubuh tetap prima.

Informasi

Telah terdaftar dan tersertifikasi
BPOM dan Halal Indonesia

© 2023 Hak cipta oleh CV Family Herbal. Dilindungi oleh undang-undang.